Rabu, 28 November 2012

Mengenal Lebih Dekat Madu Ternak dan Budidaya Lebah


Madu Ternak |Banyak orang pasti sudah mengenal hewan Lebah, hewan Lebah ini merupakan jenis hewan insekta penghasil madu.Lebah dan madu sudah sejak zaman dahulu manusia mengkonsumsi nya. Manusia mengambil dan mengumpulkan sarang lebah yang berada di goa-goa, di lubang-lubang pohon dan tempat-tempat lain. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan produk yang dihasilkan lebah semakin meningkat.Selain itu juga lebah menghasilkan produk yang yang sangat dibutuhkan untuk dunia kesehatan yaitu berupa royal jelly, Bee pollen, malam (lilin) dan sebagainya. Seiring perjalan waktu terdapat pemikiran untuk memelihara lebah yang tadinya hewan liar yang hidup di alam terbuka, dalam gua-gua, dalam lubang lubang, kayu-kayu besar sehingga diadakan pengamatan untuk dapat mempelajari cara kehidupan lebah. 

Madu Ternak
Madu Ternak
Pada awalnya manusia membudidayakan lebah dengan menggunakan gelodog kayu, untuk saat ini para peternak lebah menggunakan sistem stup. Sistem ini mengadopsi bentuk kandang untuk menirukan rumah-rumah lebah dalam kehidupan tidak terpelihara. Sektor usaha peternakan lebah ini tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga semua orang bisa dapat berusaha di bidang peternakan lebah. Cara beternak lebah yang ada saat ini telah dikenal orang sejak zaman dulu. Dahulu masyarakat beternak lebah dengan sistem menetap. Ada yang memindahkan koloni lebah liar ke dalam atap rumahnya, ada yang cukup dengan menggantung gelodok yang hanya terbuat dari batang pohon kelapa di pepohonan sekitar rumah atau hutan, sehingga memudahkan untuk memanen madu ternak apabila sarang lebah telah matang.

Yang jadi kendala adalah bagi peternak lebah adalah semakin menipisnya jumlah ketersediaan pakan sehingga membuat para peternak lebah mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara  menggembalakan atau angon lebah pada tempat tempat yang terdapat banyak pakan bagi lebah. Keuntungan dengan sistem angon lebah para petani dapat memanen madu ternak dalam waktu satu bahkan dua kali dalam sebulan. Selain itu juga para petani dapat menghasilkan beragam jenis madu tergantung di mana tempat mereka mengembala kan lebah tersebut. Biasanya para peternak lebah mencari perkebunan seperti jagung, rambutan, karet dan berbagai jenis perkebunan lainnya yang dapat dijadikan sumber pakan bagi lebah. Informasi tersebut dapat dilihat di web alwadeyonline.com.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar