Kamis, 15 November 2012

Potensi Ekonomi dari Madu Ternak


Madu Ternak | Indonesia terkenal dengan alam yang indah dan memiliki banyak varietas tumbuhan maupun hewan yang dapat hidup dan tumbuh berkembang. Sehingga banyak sekali peluang usaha yang dapat dikembangkan dari sektor agro industry untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Sadar kah kita salah satu peluang usaha dari dunia agro industry adalah hewan lebah. Lebah ya benar lebah merupakan hewan penghasil madu dan dapat diternakan oleh masyarakat. Madu merupakan salah satu produk yang dapat di hasilkan oleh lebah, selain itu ada beberapa produk lagi yang dapat dihasilkan oleh mahluk ini untuk dapat dikonsumsi oleh manusia baik sebagai suplemen dan sumber pengobatan alami yang berkhasiat bagi manusia.

Madu Ternak
Lebah selain menghasilkan produk madu atau dikenal dengan nama madu ternak juga mengahasilkan produk berupa propolis, lilin lebah dan lain lain. Selain itu Lebah merupakan media pengobatan alternative yaitu pengobatan sengat lebah. Jenis lebah yang dapat berkembang di Indonesia adalah lebah apis dorsata dan lebah apis mellifera yang awalnya merupakan lebah unggul import, tetapi kita juga memiliki lebah ternak local disebut apis cerana. Jenis lebah apis dorsata dapat ditemukan di hutan hutan Indonesia orang lebih mengenal jenis lebah ini dengan sebutan lebah liar karena mereka hidup dan bersarang pada dahan atau batang pohon yang berada di hutan Indonesia. Lebah jenis dapat menghasilkan produk madu hutan.

Untuk jenis madu hutan yang ada di Indonesia mempunyai beragam jenis, warna dan rasa tergantung dari pohon mereka membuat sarang. Untuk jenis lebah apis mellifera adalah jenis lebah yang dapat diternakan oleh peternak. Jenis lebah ini akan menghasilkan madu ternak. Sama seperti madu hutan jenis madu ini juga mempunyai banyak jenis tergantung dimana lebah ini diternakan. Biasanya para peternak membangun peternakan lebah di areal perkebunan seperti kebun buah, karet, sawit dan perkebunan bunga. Dapat tergambar jelas betapa potensi bisnis di bidang argo industry khususnya beternak lebah dapat dijadikan unggulan bagi masyarakat Indonesia. Sebagai bahan referensi dapat mengunjungi web alwadeyonline.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar